Wednesday, November 28, 2012

Roti Manis by Qonitah Wahyu


Selamat pagi host NCCBW dan teman-teman…
Sudah hamper dua bulan ini saya bergabung dengan Milis NCC dan Bread Week adalah even pertama yang akan coba saya ikuti. Aduh, kok ya kebetulan dapat even membuat roti. Udah pegel duluan sebelum beraksi, he. Sangat menantang tentunya, mengingat di rumah saya  tidak ada mikser roti, maka menguleni harus pakai tangan. Jadi, harus menyiapkan semangat dulu kalau mau bikin roti.  
Resep Roti Manis ini saya ambil dari tabloid Saji, namun ada sedikit modifikasi dari saya.


Roti Manis
Bahan A
400 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr tepung terigu protein rendah
120 gr gula pasir
1 ( 27 gr )sachet susu bubuk
1 sachet ( 11 gr ) ragi instant
Bahan B
4 kuning telur
175-200 cc air dingin
Bahan C
50 margarin
1/2 sdt garam
Bahan isi : keju parut, selai nanas dll sesuai selera.
Bahan olesan : susu cair
Cara membuat :
  1. Campur bahan A, aduk rata. Masukkan bahan B, aduk dan remas-remas hingga bergumpal-gumpal. Uleni hingga kalis.
  2. Masukkan bahan C, uleni hingga kalis dan elastis.
  3. Bulatkan adonan diamkan hingga mengembang 2 kali lipat.
  4. Kempiskan adonan, bagi menjadi bagian 30 ( atau sesuai selera ). Bulatkan, diamkan kurang lebih 15 menit.
  5. Gilas adonan, isi dan bentuk sesuai selera. Diamkan 70 menit.
  6. Oles dengan bahan olesan, panggang hingga matang.
Oh ya, saya hanya bikin setengah resep ( jadi 16 buah ) dan menggunakan hand mixer wisk spiral untuk awal-awal menguleni. Ketika adonan sudah liat dan berat, saya melanjutkan menguleni dengan tangan. Untuk isian, maunya praktis pakai meises, ternyata meises yang saya simpan kondisinya tidak begitu bagus, jadi banyak roti yang saya bentuk saja tanpa di beri isian ( seperti dalam gambar – mohon maklum ya ! ).
Demikian laporan saya. Semoga lain waktu saya bisa laporan lagi ke NCCBW. Tentunya  saya akan berusaha untuk membuat Roti Manis yang lebiiih manizz dari ini. Ditunggu yaa…

Yang terus semangat mau buat roti lagi,
Wahyuni Mintarsih
( http://kayumanisku.blogspot.com )

No comments:

Post a Comment